Tadhkhiyyah 'Aziza': Operating System Machintos
RSS

Operating System Machintos

Operating System


Operating system atau sistem operasi adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi adalah jenis yang paling penting dari perangkat lunak sistem dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program aplikasi booting. 


Fungsi Operating System


1.Pengaturan Processor, yaitu mengatur processor untuk dapat dijalankan oleh sistem    komputer.
2.Pengaturan Memori, yaitu mengatur pembagian dan mengirimkan instruksi dari memori utama dan tempat          penyimpanan lain ke sistem komputer.
3.Pengaturan Input/Output, yaitu koordinasi dan penugasan dari berbagai perangkat input/output ketika satu atau    lebih program sedang dieksekusi atau dijalankan.
4.Pengaturan File, yaitu mengatur penyimpanan file dari berbagai tempat ke perangkat penyimpanan lainnya.         Juga memungkinkan semua file dapat dengan mudah diubah dan dimodifikasi dengan menggunakan text editor   atau dengan lainnya.
5.Menjalankan sistem prioritas, yaitu menentukan urutan pekerjaan yang harus dilaksanakan dalam sistem            komputer, mulai dari yang paling utama, lalu yang kedua, dan seterusnya.
6.Interpretasi atau penerjemahan perintah-perintah dan instruksi-instruksi.
7.Sebagai fasilitas komunikasi yang mudah antara sistem komputer dan komputer operator (manusia).
8.Bertanggung jawab atas keamanan data dan integritas. 

Macam – Macam Operating System

1.DOS
2.Unix
3.Linux
4.Solaris
5.FreeBSD
6.NovellOperatingSistem
7.MicrosoftWindows
8.AppleMachintos



MACINTHOS


Macintosh, atau disingkat Mac, adalah salah satu jenis komputer personal berbasis PowerPC yang diproduksi oleh Apple. Komputer ini dinamakan berdasarkan McIntosh, jenis apel yang disukai Jef Raskin. Macintosh diperkenalkan pertama kali pada bulan Januari 1984 lewat iklan Super Bowlyang fenomenal. Macintosh adalah komputer pertama yang memperkenalkan sistem antarmuka grafis (GUI). Pada waktu itu, langkah yang dilakukan Appleadalah sebuah perkembangan revolusioner dalam dunia komputer personal.

Jenis - Jenis Machintos :


  • · Keunggulan Macintosh Operating System
  1. Lebih stabil karena menggunakan UNIX.
  2. Multitasking.
  3. Bisa mengenal file format windows.
  4. Tampilan yang lebih glossy sehingga bagus untuk graphic design/multimedia.
  5. Dokumen-dokumen yang dibuat di Mac bisa dibaca di OS yang lain, dan sebaliknya. Baik yang formatnya ‘generik’ (misalnya pdf, html, mp3, text) maupun yang formatnya khusus (misalnya .doc, .xls, .ppt). Asalkan ada program aplikasi (application) di kedua platform (Mac dan Windows) yang bisa membaca format tersebut.
  6. Open source code sehingga Mac OS sulit dibajak.
  7. Ada ‘Time Machine’ yang akan bekerja secara otomatis pada background tanpa mengganggu aplikasi yang dijalankan untuk mem-backup system yang sedang berjalan dan perubahan-perubahan pada data.
  8. Ada program “sherlock“ yang tidak hanya mencari file pada harddisk dan dalam jaringan lokal, tapi juga dapat beraksi di Internet dan mencari berdasarkan keyword.
  9. Macintosh memiliki keamanan terhadap virus, spyware, dan sebagainya. Hal ini menjadi alasan terbesar mengapa banyak orang memilih Mac karena untuk menghindari virus.
  10. Operating System Mac ini mudah digunakan dan mudah dipelajari. Karena sumbernya jelas, training centre-nya ada, dan secara umum ketika orang dihadapkan pada Mac OS mudah belajarnya.
  11. Mac memiliki jaminan kepastian dan support hardware yang jelas.

  • Kekurangan Macintosh Operating System

1.    Mahal, karena spesifikasi teknis mac memang tinggi. Asesorisnya dan        spare part banyak tapi mahal.
2.    Hanya cocok untuk graphic designer.
3. Mac OS tidak dapat digunakan bersama-sama sistem-sistem      pengoperasian lain yang tidak menggunakan sistem Mac OS.
4.  Mac tidak bisa dirakit sendiri karena Apple sudah tidak memberi license buat perusahaan lain untuk membuat hardware yang bisa menggunakan Mac OS.
5.  Software di Mac OS tidak begitu lengkap.
6.  Kurang cocok untuk aplikasi server dan game.


Instalasi Mac OS X 10.49

Untuk menginstalasi Mac OS X Tiger pada komputer, ikuti tahap-tahap sebagai berikut :
1: Masukkan CD Instalasi mac Mac OS X Install ke dalam DVD tray, Double-click tombol Install Mac OS X icon.

Kemudian klik Restart . Maka jendela proses Instalasi akan terbuka begitu komputer selesai restart.

2: Tahapan proses instalasi Mac OS X. Pada tahapan pertama ini adalah pemilihan bahasa pemandu dalam proses instalasi. Pilihlah US English, karena OS ini belum / tidak menyediakan opsi bahasa Indonesia. Kemudian klik tombol Forward . Maka akan ditampilkan jendela Selamat Datang
Program pemandu akan memberikan informasi mengenai proses instalasi. Lakukan sesuai dengan perintah yang di tampilkan.
3. Tahap berikutnya adalah pembuatan dan pemilihan partisi. Dimana pada panel “Select a Destination”, tentukan besar partisi yang akan digunakan untuk sistem dan dokumen. Disini saya membagi harddisk menjadi 3 partisi (80 GB, 20 GB dan 3 GB).

4. Tahapan berikutya adalah memilih tata cara instalasi Mac OS X, apakah Anda meng-instal baru atau upgrade. Klik tombol “ Options” untuk memilih “ Upgrade Mac OS X ”, “ Archive and Install ” atau “ Erase and Install .” Pilihkan salah satu jenis proses instalasi yang akan dilakukan oleh Mac OS X dan Klik tombol OK. Klik tombol “Contonue”jika semua telah siap untuk melanjutkan proses instalasi Mac OS pada tahap berikutnya.

5. Lalu untuk memilih paket software yang akan di instalasi (additional software packages to install), Anda juga bisa menambahkan paket software setelah proses instalasi selesai.  lalu klik done.

Setelah proses instalasi usai, komputer meminta anda untuk me-restart komputer. Setelah komputer menyala maka akan ditampilkan jendelasetup assitant yang akan membantu anda menyeting sistem pada komputer. Setup assitant akan membimbing anda mengenai jenis transfering informasi, membuat ID Mac, member, membuat user account, menyeting koneksi internet dan mengisikan number lisensi pada Mac OS. Selanjutnya “selamat datang di dunia Machintos”.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar